• PARTAI POLITIK

    gambarbannerpartaigasing1

    gambarbannerpartaiyoyo1

    logo-apajpg1

    logo-barisannasionaljpg4

    logo-bulanbintangjpg1

    logo-gerindrajpg

    logo-hanurajpg

    logo-panjpg1

    logo-partaidemokratjpg

    logo-partaigarudajpg

    logo-partaigolkarjpg

    logo-pdipjpg

    logo-pibjpg

    logo-pkbjpg

    logo-pkdjpg

    logo-pknujpg

    logo-pkpjpg

    logo-pksjpg

    logo-pmbjpg

    logo-pnimarhaenjpg

    logo-ppijpg

    logo-pppjpg

POLITIK: Pemilu Online Gabungan Sangat Menghemat Biaya

KALAU biaya pemilu caleg dan capres serta semua pemilu digabung, maka kita akan menemukan biaya politik yang luar biasa besar. Di samping merupakan pemborosan uang, juga merupakan pemborosan waktu bagi rakyat karena berkali-kali harus ke tempat pemungutan suara (TPS). Gagasan agar pemilihan kepala daerah dipilih lagi oleh DPRD, juga tidak tepat, karena tidak mendidik rakyat untuk berdemokrasi.

Cara yang tepat yaitu, mengadakan pemilu online gabungan. Yaitu, pemilu caleg,capres dan pemilu kada diselenggarakan secara bersama-sama pada hari yang sama. Syaratnya, semua partisipan pemilu sudah harus memiliki KTP nasional lengkap dengan Nomor Induk Kependudukan (NIP) dan ada sidik jari di KTP tersebut.karena saat pemilu gabungan dilakukan bersamaan pada hari yang sama, maka perlu undang-undang yang mengatur tentang masa jabatan kepala daerah dan lain-lain yang belum atau sudah berakhir.

Sesudah membubuhkan sidik jari, para partisipan masuk ke bilik suara yang sudah dilengkapi dengan monitor atau layar sentuh. Cara memilih, cukup dengan cara menyentuk gambar parpol atau foto-foto yang tertera di layar monitor. Tiap 15 menit di layar monitor pemantau yang bisa dilihat semua yang hadir di TPS, ditampilkan secara otomatis total perolehan suara se-Indonesia dan TPS yang bersangkutan. Tentu, sebeleum dilakukan pemilihan, terlebih dulu ada penyuluhan atau petunjuk teknis singkat tentang cara memilih.

Untuk daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan internet, tetap menggunakan pemilu tradisional, yaitu sistem coblos atau centang. Sistem ini tentu saja dilengkapi dengan multi security sistem sehingga sangat sulit untuk dibobol hacker. Cara ini sangat efisien dan efektif karena sangat menghemat waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Hasil pemilu gabungan bisa dilihat hari itu juga. Kalau mau, pemilu gabungan secara online tidak sulit untuk mempersiapkan dan merealisasikannya.

Hariyanto Imadha

BSD Nusaloka Sektor XIV-5

Jl.Bintan 2 Blok S-1/11

Tangerang 15318

 

.——————————————————————————————————

CATATAN:

-Sumber foto: politikana.com

-Terkirim ke 200 surat kabar

-Terkirim ke e-mail Presiden SBY

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: